Monday, April 07, 2008

Something About Fitna

Fitna? Menurut gw gara2 berita2 heboh thd film ini khusunya di Indonesia, spt demo2 bunuh Wilders, pencekalan YouTube, yg setau gw sampe sekarang blom dicekal, trus SBY secara langsung berbicara di media, penentangan dirinya tdp film ini, justru bikin masyarakat Indonesia khususnya teman2 SMA gw penasaran pengen nonton ni film.


Jadilah, hr Jum’at kemarin gw memenuhi janji untuk membawa laptop, ya asal tau saja laptop gw ni gdenya amit2 jd gw jrang bawa ke skul kecuali kalo quota speedy dah abis dan masih pengen ngenet tp males ke warnet, bawa deh,, memanfaatkan wireless di skul,, seinget gw sih waktu kelas x gak pernah kebayang tuh bisa bawa2 laptop ke skul dan nikmatin internet gratis, sumpe deh,, zman emang harus berubah, dulu tuh gw kan sempet ngekos di salemba, nah kalo pengen internet gratis,, ke fkui deh.. hoho.. nyamar jd mahasiswa dan mangkal di perpusnya dr siang ampe maghrib.. huss jgn bilang2 yapz. Gak nyangka akhirnya sma gw bisa gaya jg dgn wirelessnya.. haha

Loh..loh.. td kan mau cerita ttg film fitna, kok jd oot sih,, gak pa2 lah ni kan blog gw sendiri.


Oke, berlanjut sampe mana td? O ya, sampe bawa laptop ke skul. Nah, gw bawa tuh cm buat temen sebangku gw, yg kalo lo mang pernah baca blog gw full lo pasti kenal dia, ya.. si freak jepun yg pengen jd warga Negara jepun dan nikah ma org jepun, punya anak muka jepun.. itulah kebahagian menurut dia.. maaf oot lg..

Lanjut,, bel istirahat pun berbunyi,, dia yg sdh tdk sbar lg tuk nonton film wilders itu langsung minta gw setelin,, haha,, setelin? Masih zman ni kata?


Dgn gaya gw yg cool sambil buka tas dan mengeluarkan benda berukuran lebar itu ke atas meja kayu warna coklat,, loh.. loh.. berasa baca novel ya?

Pokoknya singkat cerita, waktu gw mau nonton tsb, gw bikin perjanjian dulu ma dia, bahwa dia gak bakal maksa gw untuk ngopiin filmnya ke flash disk atau apapun itu namanya sbh alat untuk menyimpan data. Dia sempet nanya sih, kenapa, trus gw bilang aja, gw baca di koran, ktnya ‘penyebara film fitna di Indonesia, siap2 penjara‘. ‘‘Nah, lo gak pengen kan temen sebangku lo yg plg baik ini mesti mendekam di penjara?‘‘ Dengan raut tidak percaya, dia pun akhirnya setuju, dia bilang dia cuma pengen liat, that’s it. Oke deh. Tapi tak dinyana tak diduga, ada kuping2 isenk yg mendengar pembicaraan gw dan temen sebangku gw itu.


Dengan muka memelas,,, kyknya gak gituh amat sih,, mereka minta ikutan nonton.. dan lo tau lah, nak sma klo udah satu ikut sama aja kyk anak sd yg laen jg pengen ikut nonton.. wakakaka..

Gw yg merasa berhak menentukan siapa2 aja yg kuat imannya yg boleh nonton pun ragu2,, tp mereka memaksa, ya apa leh buat 10 lwan satu,


jdlah jam istirahat tsb menjadi ajang nonton film fitna, kebetulan temen sekelas gw tuh muslim semua, klo yg non islam di kelas ipa 3 dan 4,, ini jg sih yg bikin gw gak abis pikir,, kenapa pake ada 2 kelas ‘exclusive‘ yg isinya muslim semua, knp gak dicampur? Sekolah gw kan sekolah umum,, pernah tuh gw nanya, jwbnya gak memuaskan, ktnya biar pelajaran agamanya bisa sekalian rame2,, Plis deh,,


Balik lg ke Wilders, eh fitna, temen2 gw tuh blom pd nonton aja, komentarnya dah macem2,, salah satunya gini, ‘‘iya tuh gw sebel bgt tam ma yg bikin, org mana? Inggris ya? Ih.. haknya apa dia bikin film gituh, msk neraka tuh org‘‘

Gw sempet melotot tak percaya, omongannya dah bawa2 neraka aja,, ‚‘‘bukan inggris non, tp belanda!‘‘

Mereka pun nonton, ya tentunya yg versi subtitle inggris lah,, keadaan sempat hening mereka terfokus pd tulisan2 dilayar,,


Tp dasar ya,, ada aja yg tiba2 ngomong gini,, ‘’ni film apaan sih?’’

Gubrax, dr td nafsu amat pngen nonton kirain dah tau mau nonton apaan.

Wakakak... temen2 gw mang lucu2


Sempetlah ada beberapa teriakan manja dr cewe yg nonton waktu ngeliat adegan yg potong pala, pala putus, anak kecil berdarah, de el el. Trus norak tp lucunya,, meraka justru minta diulang2 adegan2 itu, karena stiap ada yg ngejerit, ada aja satu anak yg bilang, ‘‘knp ngejerit? Yah, barusan gw kelewatan, ulang lg donk‘‘

Berakhirlah film berdurasi kurang lbh 17 menit itu. Lalu diakhir, msh ada aja anak yg lemot dan nanya,


‘‘jd maksud ni fil apa?‘‘

‘‘ah,, lo nonton dr td gak ngerti jg?‘‘

‘’gak.. lagian tuh pemain2 filmnya gw gak kenal’’

‘’wahahaha… ya jgnkan lo, gw jg gak kenal tuh’’

‘’trus mereka siapa?’’

Gw berusaha menahan ketawa yg sudah sampai diubun2,,

‘’oke gw jelasin deh’’

Dengan sok2 berwibawa, gw pun berdiri, lalu memcoba menjelaskan.

‘’ jd ni film tuh, cm kumpulan video yg diambil wilders yg kalo menurut gw kbykan dr internet untuk membuktikan bahwa Al-Quran itu ngajarin kekerasan ke umatnya untuk perang thd umat agama lain. Pdhal seperti yg kamu2 tau, kan gak gituh. Ayat2 yg wilders tunjukin td cm dipotong doank, gak utuh, padahal tuh ayat ada kelanjutannya dan lagi pula ayat2 itu turun waktu keadaan umat islam sudah terdesak akibat penyiksaan yg sudah berlebihan thd umat2 islam oleh kaum kafir di zaman dulu. Tapi kan tetep aja, gak bisa kita pungkiri, ada aja kaum2 extrimis islam yg memang malah terang2an berbuat anarkis tp kalo sudah begitu yg salah bukan agamanya tp oknum2 dr umat. Lagi2 mungkin saja pengalaman hidup nya yg bikin dia bersikap keras thd umat2 di luar islam. Misalnya aja, emang di tempatnya sana, mereka ditindas dan dijajah oleh org2 yahudi, jd mungkin saja hal2 spt itu yg membuat mereka keras thd umat agama lain. Hal kyk gitu, isha Allah gak terjadi di Indonesia sini kan? Kita gak pernah dihadapkan thd perang fisik sesungguhnya dan Rasul jg mengajarkan kita untuk menjaga perdamaian antar umat dan hanya melawan jika dilawan terlebih dahulu. Bgituhlah kira2. Ngerti kan?’’


Mereka manggut2 aja, ada sih yg masih bengong. Dan gw pun sempet was2 jgn sampe ada yg nanya gini, ‘’jadi jagoannya mati gak?’’

No comments:

Post a Comment

komennya donk, oom-tante?